Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Contoh Surat Cinta Bahasa Jawa

Contoh Surat Cinta Bahasa Jawa

contoh surat cinta bahasa melayu contoh surat cinta untuk senior

Bagi kalian yang sedang mencari contoh surat cinta bahasa jawa krama inggil maka berikut ini adalah ulasan mengenai contoh surat cinta untuk senior MOS dalam bahasa daerah yaitu bahasa Jawa. Memang bukan hal yang mudah ketika kita harus menyusun rangkaian kata dalam bahasa daerah walaupun kita sendiri adalah orang Jawa, hal ini karena sekarang bahasa daerah makin jarang dipelajari dan juga kurangnya minat anak jaman sekarang untuk mendalami bahasa sendiri. Namun demikian tidak ada salahnya kalau kita membahas tentang hal tersebut, yang barangkali akan membanti bagi yang sedang memerlukannya. Tidak harus menggunakan kalimat lengkap untuk menyusun surat tersebut karena bukan termasuk surat resmi yang harus berbahas formal, yang paling penting adalah penggunaan bahasa sopan dan halus yang mencerminkan ciri khas orang Jawa.

Kalau masih kebingungan ingn mulai dari mana dalam menulis surat tersebut mungkin dapat melihat panduan yang ada dibawah ini sebagai bahan acuan bagi kalian. Selanjutnya tinggal merubah sendiri hal yang kiranya pantas untuk disesuaikan, dan masalah susunan kalimat, kalau tidak yakin dengan kemampuan sendiri silakan mengajak orang tua atau saudara yang pandai bahasa kromo lalu suruh dia menterjemahkan setiap perkataan yang kamu susun dalam bahasa Indonesia.

Untuk contoh yang pertama ini adalah surat dalam bahasa Jaw yang dibuat oleh seorang anak ditujukan kepada orang tuanya di kampung halaman. Jadi bisa dikatakan surat cinta untuk orang tua, sedangkan contoh yang kedua adalah surat cinta untuk pacar atau dari pria untuk wanita yang disayanginya. Contoh dibawah ini penulis rangkum dari berbagai sumber yang semoga dapat membantu bagi kalian yang saat ini tengah mendapatkan tugas tersebut.

Contoh ke-1


Kegem Bapak lan Ibu
Wonten ing ndalem Ngayogyakarta

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kados pundi kahananipun Bapak lan Ibu? Mugi - mugi Gusti Allah tansah maringi kanugrahan lan kesehatan dhumateng Bapak lan Ibu. Alhamdulillah dalem lan putra mantu tansah bagas waras.

Bapak lan Ibu ingkang satuhu kula bekteni, kenanthenan serat menika, kula badhe matur bilih dalem Insya Allah badhe wangsul dateng Yogya benjang minggu ngajeng kinepatan sasi riyaya Idul Fitri. Nyuwun pangetunipun mugi - mugi sedoyo dipun paring lancar sahinggo mboten wonten tambahan tugas sekolah ingkang kedah dalem rampungaken.

Mbok bilih wonten upakarti utawi oleh - oleh ingkang dipun kersakaken saking Mesir, sumonggo dalem aturi telepon dalem. Insya Allah saged dalem padosaken dateng mriki.

Dalem kinten cekap semanten rumiyin serat saking ingkang putro.

Wassalamu'alaikum wr. wb..

Baharuddin Thapa

Contoh ke-2


Kanggo Ajeng gegantilaning atiku

Muga-muga sliramu tansah kinayungan bagas waras saka Gusti kang tansah andum rasa Asih.

Ajeng….
Rinasa wus sewulan ora ketemu. Catur minggu tanpa esemmu. Ginagas terus wektu mlaku. Ning kene aku nunggu tekamu
Ora wola-wali.

Jruning batin banget pengin ketemu sliramu. Dipendem-pendem ngrusak raga. Arep crita bingung karo sapa. Namung layang iki tak tulis kanggo sliramu
Serat kangen tanda katresnanku
Suwene aku nunggu…kebak kangen saya kasimpen
dhimas wong ayu…
Muga-a kowe isih setya. Eling marang aku kang kapanjer waspa

Juli 2014, Jogja

Aku Kang tansah nresnani Sliramu
Paijo


Nah bagaimana dengan beberapa contoh surat cinta untuk kakak kelas diatas? Dengan melihat contoh tersebut harapan otakismo kamu lebih mudah mencari ide dan memahami setiap perkataan dalam bahasa Jawa, apabila masih kurang maka akan dibahas juga pada kesempatan mendatang yaitu contoh surat cinta dalam bahasa Sunda dan bahasa Inggris dengan artinya.
Open Comments

Post a Comment for "Contoh Surat Cinta Bahasa Jawa"