Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Ciri Khusus Landak sebagai Binatang Aneh

Ciri Khusus Landak sebagai Binatang Aneh

Ciri khusus landak sebagai binatang yang unik dapat kita lihat pada tanda-tanda fisiknya yang tidak ada pada hewan lain. Landak memiliki nama latin Hystricomorph Hystricidae, dan binatang ini termasuk yang popularitasnya terus berkurang karena binatang ini hampir mengalami kepunahan. Untuk itu kita jarang melihatnya di alam bebas kecuali ada di taman satwa. Lantas seperti apa ciri ciri landak yang dapat dilihat dari kedat dan menandai adanya keunikan pada hewan ini?

Hampir sama dengan binatang lainnya, landak juga memakan tumbuhan yang menjadi musuh utama para petani karena selalu mencuri hasil panen mereka sehingga merugikan bagi kelangsungan lingkungan di area pertanian. Binatang ini sering di usir petani ketika menjelang panen karena mereka selalu muncul untuk mencuri ubi-ubian atau kacang yang hampir dipanen.

ciri landak

Ketika melihat landak kita akan menemukan ciri khas yaitu adanya bulu runcing yang kuat yang terdapat disekujur tubuh landak. Fungsi bulu landak ini adalah sebagai alat pertahanan diri ketika menghadapi adanya ancaman dari binatang lainnya. Sebagai alat perlindungan diri, bulu yang runcing ini akan melukai tubuh binatang yang mengganggunya dan menjadi alat yang bagus untuk menjaga diri.

Ciri landak yang lain adalah bentuk tubuh yang bulat lonjong dengan mulut berupa moncong mengecil yang sangat berguna ketika hendak mencari makan karena landak termasuk hewan pengerat. Bentuk tubuh landak ini termasuk sedang, dan gerakannya sendiri tidak terlalu cepat. Saat terdesak, landak akan melanggar apa saja yang dilewatinya.

Ciri khusus landak yang paling terlihat adalah timbulnya bunyi gemerincing atau bunyi berisik ketika hewan ini berlari. Hal ini disebabkan gesekan antara bulunya yang keras dengan bebatuan ketika landak berlari. Sehingga timbul bunyi nyaring yang terkesan unik dan membuat penasaran bagi orang yang mengejarnya.
Open Comments

Post a Comment for "Ciri Khusus Landak sebagai Binatang Aneh"