Mengoptimalkan kerja otak

Beberapa Perbedaan Kutub Utara dan Selatan

Bumi memiliki dua sumbu bumi atau poros bumi, atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan kutub bumi. Dua kutub bumi itu adalah kutub Utara dan kutub selatan. Dari kedua kutuh tersebut tentunnya memiliki beberapa perbedaan. Apa saja? Dibawah ini adalah beberapa perbedaan antara kutub utara dan kutub selatan.

Kutub yang Berlawanan
Kutub Utara biasa dikenal dengan sebutan Artik, sedangkan kutub selatan dikenal dengan sebutan antartika. Yang kita tahu, kedua kutub ini adalah kutub yang dipenuhi oleh es yang sangat tebal dan banyak. Yah, memang betul, kutub utara adalah lautan beku. Meskipun demikian, lautan ini dikelilingi oleh tanah sehingga dapat dihuni oleh hewan atau bahkan manusia. Berbeda dengan kutub selatan yang terdiri dari benua-benua dengan pegunungan dan danau yang dikelilingi oleh lautan. Inilah sebabnya kutub selatan tak dapat dihuni oleh manusia.

Perbedaan Kutub Utara dan Selatan
Kondisi wilayah
Sama-sama diselimuti oleh es tidak membuat kutub ini juga sama dalam segala hal. Artinya, jelas ada perbedaan diantara kutub utara dan kutub selatan. Apa perbedaann itu? Daerah Antartika yang berada di benua paling selatan memiliki sekitar 90% es di dunia atau juga hampir tiga per empat dari air tawar bumi terhimpun di sana. Maka, tidak jarang beberapa puncak gunung es terapung yang berada di Antartika sering dilanda kekeringan.

Penghuni
Satu-satunya tempat di bumi yang tidak berpenghuni adalah kutub selatan atau antartika. Berdasarkan penelitian, tidak ada sejarah penduduk asli di daerah kutub selatan. Hal ini juga diperkuat dengan adanya perjanjian Antartika yang di dalamnya dinyatakan bahwa tanah dan sumber daya yang ada digunakan untuk tujuan perdamaian dan ilmiah. Hal ini sangat berbeda dengan daerah artik atau kutub utara. Ada lebih dari 4 juta orang yang hidup dalam daerah Artik. Baik di beberapa kota kecil maupun kota besar seperti Barrow, Alaska, Tromso, Norwegia, Muramansk dan Salekhaard di Rusia.

Hasil tambang
Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Amerika Serikat, hampir setengah bagian minyak bumi di dunia ini terdapat di lapisan es kutub utara dan kutub selatan. Melihat potensi itu, dengan berani Rusia mengambil langkah dengan mengklaim dan meletakkan petak besar wilayah Kutub Utara dengan harapan dapat mengeksplorasi cadangan gas di Lomonosov Ridge. Dalam hal ini, Amerika Serikat juga turut terlibat dengan mengirimkan kapal pemecah es untuk memetakan wilayah Artik mereka yang masuk dalam wilayah Negara Bagian Alaska. Namun Perjanjian Antartika dapat menghentikan pengeboran minyak secara berlebihan.

Hewan langka
Beruang dan penguin tidaklah hidup di kutub yang sama. Beruang adalah predator yang hidup di kutub utara, sebuah benua es yang besar. Hewan ini memangsa singa laut, sapi laut, burung dan juga paus yang terdampar. Sedangkan, penguin adalah hewan jenis unggas yang hidup di kutub selatan. Penguin memang memiliki sayap, namun sayap itu tidak berfungsi untuk terbang, melainkan untuk membantunya bermanuver di daratan dan di permukaan air. Selain itu juga membantunya mencari makanan di laut.

Suhu
Meskipun kutub utara dan kutub selatan memiliki es yang sangat banyak, ada perbedaan suhu diantara keduanya. Kutub selatan atau merupakan kutub terdingin di bumi. Inilah yang menyebabkan salju disana tidak pernah mencair. Suhu rata-rata Antartika sekitar -56 derajat Fahrenheit (-49 derajat Celcius. Sebaliknya Kutub Utara atau Artik pada musim dingin rata-rata suhunya mencapai -29 derajat Fahrenheit (-34 derajat Celcius), tapi akan lebih hangat di musim panas. Suhu terendah yang pernah tercatat di bumi adalah -128 derajat Fahrenheit (-89,6 derajat Celcius), tercatat pada tanggal 21 Juli 1983 di Stasiun Vostok yang terletak di dekat Geomagnetic Kutub Selatan.



Beberapa Perbedaan Kutub Utara dan Selatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mbaron

0 comments:

Post a Comment