Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Rumput laut adalah salah satu jenis dari makanan laut yang mengandung banyak nutrisi dan juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Rumput laut sangat mudah ditemukan karena memang sudah ada di lautan di seluruh dunia. Sampai saat ini, belum ditemukan adanya rumput laut yang beracun. Jadi sudah dapt dipastikan bahwa semua jenis rumput laut itu aman untuk dikonsumsi. Beberapa contoh rumput laut diantranya, Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, dan Nori. Semuanya dikenal kaya akan protein yang baik untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh.

Manfaat Rumput Laut

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari rumput laut bagi kesehataan tubuh kita:

1. Banyak mengandung vitamin
Rumput laut adalah salah satu sumber makanan dari alam yang menyehatkan tubuh karena kandungan vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium di dalamnya. Jika dibandingkan dengan beberapa makanan seperti daging sapi, brokolo dan su su, rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium.

2. Menjaga kesehatan tiroid dan hormon lainnya
Rumput laut mengandung yodium yang jika kita mengonsumsinya maka kesehataan tiroid dalam tubuh kita akan terjaga. Tanpa adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid sehingga dampak kekurangan zat yodium ini bisa membahayakan kesehatan kita.

3. Banyak mengandung serat
Serat larut yang terkandung dalam rumput laut sangat mudah diserap oleh tubuh kita. Hal terpenting adalah, serat rumput laut mampu meningkatkan bakteri baik di dalam perut sehingga pencernaan Anda tetap sehat.

4. Dapat Menurunkan berat badan
Rumput laut tidak mengandung lemak atau kalori sama sekali. Rumput laut terkenal akan yodium yang mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid dalam tubuh kita. Kelenjar tersebut mampu mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada di dalam rumput laut mampu menghancurkan sel-sel lemak di dalam tubuh.

5. Dapat Mencegah kanker
Lignan adalah zat antioksidan yang terkandung dalam rumput laut.
Lignan ini dikenal dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Ada jua penelitian lain yang menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.

6. Mampu mendetoks tubuh
Bagi kalian yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi rumput laut. Hal ini dikarenakan rumput laut mengandung klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami.
Open Comments

Post a Comment for "Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan"